Cari Blog Ini

Senin, 08 November 2010

peran pemerintah dalam minat baca

Peran Pemerintah?

Bila berbicara masalah menumbuh kembangkan minat baca pada anak, salah satu pihak yang harus berperan aktif adalah pemerintah. Dalam hal ini pemerintah adalah subyek aktif yang berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Apa saja yang bisa dilakukan pemerintah untuk menumbuh kembangkan minat baca kepada anak?

Banyak sekali program-program yang bisa dilakukan oleh pemerintah sehubungan dengan upaya mereka dalam menumbuhkembangkan minat baca pada anak, yaitu:

  • Program Perpustakaan Keliling Hingga Ke Daerah Pelosok
  • Selama ini program pemerintah kebanyakan hanya masuk sampai taraf kota saja dan belum merambah ke taraf pedesaan, termasuk program perpustakaan keliling. Yah, pada kenyataannya memang seperti itu.

    Akibatnya, terjadi kesenjangan antara desa dan kota. Oleh sebab itu, pemerintah mesti menekankan kembali untuk mengadakan program perpustakaan keliling yang akan memfasilitasi anak-anak yang tinggal di pelosok dengan berbagai macam buku bacaan yang berguna bagi mereka kelak.

  • Pembenahan Perpustakaan Kota Atau Daerah Dengan Fasilitas Yang Bagus Dan Memadai
  • Pemerintah juga harus mengupayakan untuk memfasilitasi perpustakaan daerah dengan buku-buku yang berkualitas dan up to date.

    Bila untuk membangun mall atau gedung bertingkat saja bisa, mengapa hanya untuk membangun perpustakaan daerah menjadi lebih bagus saja tidak bisa.Padahal bukankah hal itu merupakan salah satu investasi human capital dalam jangka panjang.

  • Pengadaan Buku Gratis
  • Kendala kurang minatnya anak-anak untuk membaca buku adalah karena harga buku yang mahal. Banyak orang tua yang tidak kuat membelikan anaknya buku karena kondisi perekonomian yang memang minim. Untuk itu, seharusnya pemerintah tidak segan-segan untuk menggalakkan program buku gratis yang nantinya bisa memacu semangat anak-anak untuk terus membaca.

  • Pengadaan Lomba Yang Berhubungan Dengan Membaca
  • Pemerintah juga bisa mengadakan lomba yang ada hubungannya dengan membaca, misalnya: lomba membaca cerita untuk anak SD, lomba membaca puisi, atau lomba membaca pidato. Semua itu berhubungan dengan kegiatan membaca yang tentunya akan meningkatkan semangat anak-anak untuk terus berkembang.

  • Pengadaan Pelatihan Pada Orang Tua Tentang Pentingnya Membudayakan Suka Membaca Sejak Dini
  • Bila usaha secara eksternal sudah dilakukan, selanjutnya adalah usaha internal, yaitu dengan memberikan pelatihan kepada para orang tua tentang pentingnya membudayakan suka baca pada anak. Yah, dalam hal ini yang diikutsertakan adalah orang tua, karena orang tualah yang pada akhirnya berperan langsung dalam perkembangan anak.

Membaca merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus dibudayakan sejak kecil. bila pada saat usia anak-anak sudah suka membaca, maka pada saat dewasa biasanya akan gemar membaca juga. Membaca merupakan salah satu jalan untuk menuju pintu gerbang keberhasilan. Dalam hal ini, pemerintah memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai fasilitator. AnneAhira.com

0 komentar:

Posting Komentar